Kamis, 21 April 2016

Teori Psikoseksual Sigmund Freud



TEORI PSIKOSEKSUAL FRUED
       Sigmund Freud atau yang dikenal dengan panggilan Freud adalah salah satu tokoh psikologi,beliau lahir di moravia pada tanggal 6 mei 1856 dan beliau wafat pada tanggal 23 september 1939. Beliau dikenal dari teorinya tentang Psikoseksual.
A. Struktur Kepribadian
         Freud menggambarkan alam bawah sadar menjadi 3 struktur kepribadian yaitu,Id,ego,superego.
         Id adalah suatu keinginan yang asli muncul dari kepribadian,Id telah ada sejak kita dilahirkan,id menjadi tempat berkembang ego dan super ego.id berisikan energi untuk menjalankan sistem-sistem lain karena berhubungan erat dengan jasmaniah. Contoh id adalah keinginan makan.
         Ego adalah suatu kegiatan yang datang karena adanya kebutuhan-kebutuhan organisme yang mengikuti id.dari luar. Ego bekerja berdasarkan insting manusia. Contoh Ego adalah ketika kita berjalan mencari makanan yang sebelumnya dimunculkan id yang berupa lapar.
         Superego adalah suatu perwujutan internal dari nilai-nilai traditional yang di tanamkan orang tua.superego berwewenang menentukan pilihan  yang lebih ideal,lebih jelasnya superego yang menentukan pilihan mana yang benar dan mana yang salah. Contoh Superego adalah menahan diri untuk makan ketika lapar.
B dinamika kepribadian
              Dinamika kepribadian merupakan teori tentang tingkah laku manusia.Menurut freud dinamika kepribadian dikelompokan menjadi dua,yaitu insting dan kecemasan.
1. Insting (naluri)
        Insting adalah suatu pola perilaku yang ada pada manusia sejak lahir untuk memenuhi semua kebutuhan untuk memenuhi rasa puas.
           Insting hidup menggunakan energi yang disebut libido,yang di gunakan untuk menjamin tujuan mempertahankan hidup ,yang dimaksud pada kategori in adalah seperti lapar,haus dan seks.Insting mati adalah insting yang merusak,melaksanakan tugasnya secara lebih sembunyi-sembunyi dibandingkan insting hidup.
2. Kecemasan
Kecemasan adalah suatu kekhawatiran yang timbul dari diri individu manusia.Freud membedakan kecemasan jadi 3 macam ;
           i. Kecemasan realitas
kecemasan realitas adalah kekhawatiran terhadap bahaya yang nyata dalam dunia yang sebenarnya.
           ii. Kecemasan neuritis
          kecemasan neuritis timbul karena kita tidak bisa mengontrol insting dengan baik.kecemasan yang berlebihan hingga kita melakukan tindakan yang berlebihan. Contohnya adalah seseorang dengan penderita psikopat.
           iii. kecemasan moral
kecemasan moral adalah rasa kekhawatiran yang timbul secara sadar akan kesalahan yang pernah dilakukan,contohnya trauma.
C. Perkembangan kepribadian
        Perkembangan kepribadian meliputi ; Identifikasi,pemindahan,dan mekanisme-mekanisme pertahanan ego.
           i. Identifikasi
           Identifikasi adalah suatu metode seseorang mencari tau informasi kepribadian.
           ii. Pemindahan
           Pemindahan terjadi karena adanya suatu objek yang lebih tepat dari sebelumya.
           iii. Mkanisme-mekanisme pertahanan ego.

           mkanisme-mekanisme pertahanan ego adalah suatu usaha untuk menghindari fikiran-fikiran buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar