Rabu, 20 April 2016

Memanfaatkan Otak Kiri dan Kanan Dalam Belajar



   Hey Guys… 90% orang pasti memiliki masalah dalam belajar, Nah disini aku akan ngasih cara-cara untuk belajar dengan baik,indah dan efektif.pertama kita cari tau dulu dimana masalahnya,
   Ini masalah yang biasa muncul dalam belajar :
1.Gampang Lupa
2. Susah Fokus
3. Susah Paham
4. Susah Menghafal
5. Malas
6. Bingung Mengawali

            Nah langsung aja…ada 6 cara menciptakan otak untuk mempermudah saat belajar nih...

1. Senam otak.
            Apa sih senam otak ? senam otak adalah suatu latihan menggunakan otak kanan dan otak kiri kita bersamaan karena otak kiri dan kanan kita memiliki kemampuan yang berbeda. Berikut fungsi masing – masing.
Otak kiri, berfungsi untuk mengontrol tubuh bagian kanan, pada otak kiri menekankan hal-hal yang bersifat logika seperti berhitung dan analisa, lalu otak kiri juga menekankan berfikir pada hal ingatan,berbicara,menulis dan pertimbangan.
Otak kanan berfungsi untuk mengontrol tubuh bagian kanan,pada otak kanan ini menekankan berfikir pada hal-hal yang bersifat Seni seperti berimaginasi,musik,menggambar dan nggak hanya seni tapi juga pada hal-hal seperti intuisi,penyatuan,emosi dan subyektifitas.
            Banyak cara untuk melakukan senam otak mungkin susah di jelaskan secara tulisan jadi kalian bisa dapatkan itu di Youtube.

2. Menggunakan Semua Panca Indera
            Sebagian orang menyukai belajar dengan membaca,sebagian orang lebih mudah memahami dengan mendengarkan penjelasan seseorang. Kita membaca menggunakan indera pengelihatan,kita mendengar mendengarkan menggunakan indera pendengaran. Pernah nggak kalian terpikirkan menggunakan kedua alat indera tersebut bahkan semua panca indera kalian ? tau nggak caranya ?
Caranya adalah ketika anda membaca gunakanlah telunjuk anda untuk menunjuk ke tulisan dangunakanlah mulut kalian untuk mengucapkan setiap kata di tulisan yang secara tidak langsung telinga kita mendengarkan. Metode barusan kita telah menggunakan banyak indera,mulai dari pengelihatan,peraba,pengecap serta indera pendengar.

3. Gunakan otak kiri dan kanan ketika belajar.
            Sebagian banyak orang biasanya yang kita lihat menggunakan salah satu otak untuk belajar. Yang lebih bagus adalah menggunakan otak kiri dan otak kanan dalam belajar, sebenarnya ada banyak cara namun ada satu cara yang asik dan cocok untuk anak muda dalam belajar yaitu belajar sambil mendengarkan musik. Ketika belajar kita menggunakan otak kiri disamping belajar sambil mendengarkan musik kita menggunakan kemampuan otak kanan. Hal ini melatih otak agar otak kiri kanan menyatu dan singkron setiap saat.



Catatan : Setiap kalian belajar usahakan menetapkan waktu mulai belajar dan jangan molor apalagi ditunda-tunda lalu ketika saat kalian merasa lelah dalam belajar istirahatlah,jangan paksakan karena itu akan membuang-buang waktu atau hal yang anda pelajari saat anda lelah akan terbuang sia-sia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar