Sabtu, 23 April 2016

Learning


LEARNING
1.     LEARNING MENURUT PENDAPAT PARA TOKOH PARA AHLI
A.   B.F. Skinner
Belajar merupakan tingkah laku yang sebagai hubungan antara perangsang (s) dan respond (r) yang dikenal dengan teorinya yaitu opherant conditioning teori.
B.   Pavlov
Suatu perubahan yang terjadi karena adanya syarat-syarat (conditions) dapat berupa latihan yang di lakukan terus menerus  hingga menimbulkan reaksi.
C.   Gestalt
Dalam pandangan psikologi gestalt bukan sekedar proses asosiasi antara stimulus dengan respond  yang kian lama kian kuat disebabkan adanya latihan yang berulang-ulang menurut aliran ini belajar itu terjadi apabila terdapat pengertian (insight).pengertian ini muncul jika seseorang setelah beberapa saat mencoba memahami suatu masalah, tiba-tiba muncul adanya kejelasan,terlihat olehnya hubungan antara unsur-unsur yang satu dengan yang lainnya,kemudian dipahami sangkut pautnya untuk dimengerti maknanya.



2.     MEKANISME BELAJAR

A.   MEMILIKI TUJUAN DAN KITA MENYADARINYA
Tujuan adalah salah satu hal yang mendasari seseorang untuk melakukan sesuatu
B.   ADANYA PENERIMAAN INFORMASI
Informasi sangat penting bagi anak yang sedang belajar,di tahap pemberian informasi ini anak akan di ajari dalam bentuk teori,pada tahap ini juga anak diberikan informasi berupa cara-cara atau melangkah menuju ssuatu
C.   TERJADINYA PROSES INTERNALISASI
Disini anak akan dinyatakan paham atau tidaknya dari  informasi yang diberikan
D.   PERUBAHAN BERSIFAT RELATIF PERMANEN
Setelah anak itu paham atau mleati proses internalisasi anak akan menyimpan dan mengingat pmbelajaran itu secara prmanen atau pembelajaran yang tak akan ia lupakan
METODE PEMBELAJARAN
    Metode ceramah. adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui ceramah, dapat dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, guru dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan
.
     Metode diskusi adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif.
     Metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong siswa mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti: Bagaimana cara mengaturnya? Bagaimana proses bekerjanya? Bagaimana proses mengerjakannya. Demonstrasi sebagai metode pembelajaran adalah bilamana seorang guru atau seorang demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa memperlihatkan kepada seluruh kelas sesuatau proses.
     Metode resitas  adalah suatu metode pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.
    Metode study tour Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.

3.     APLIKASI DALAM PENELITIAN BARU

Metode pembelajaran bagi anak yang menarik,yaitu gadget.
Misal contoh masalah : seorang anak yang tidak menyukai matematika.

Cara pemecahan masalahnya,seorang anak yang tidak tertarik sma sekali dengan pelajaran matematika tidak akan sedikitpun belajar matmatika,nah disini di zaman sekarang ini telah ada suatu benda yang sangat canggih yaitu gadget,dan dampak baiknya, anak sangat tertarik dengan suatu permainan yang terdapat dalam gadget itu.Di dalam gadget itu terdapat permainan berhitung yang sangat disukai anak-anak,memang secara nyata anak tidak belajar matematika,namun saat anak memainkan permainan itu secara tidak sadar mereka telah belajar matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar