LEARNING
1.
LEARNING MENURUT PENDAPAT PARA TOKOH PARA AHLI
A.
B.F. Skinner
Belajar merupakan tingkah laku yang sebagai hubungan
antara perangsang (s) dan respond (r) yang dikenal dengan teorinya yaitu
opherant conditioning teori.
B.
Pavlov
Suatu perubahan yang terjadi karena adanya
syarat-syarat (conditions) dapat berupa latihan yang di lakukan terus
menerus hingga menimbulkan reaksi.
C.
Gestalt
Dalam pandangan psikologi gestalt bukan sekedar
proses asosiasi antara stimulus dengan respond
yang kian lama kian kuat disebabkan adanya latihan yang berulang-ulang menurut
aliran ini belajar itu terjadi apabila terdapat pengertian (insight).pengertian
ini muncul jika seseorang setelah beberapa saat mencoba memahami suatu masalah,
tiba-tiba muncul adanya kejelasan,terlihat olehnya hubungan antara unsur-unsur
yang satu dengan yang lainnya,kemudian dipahami sangkut pautnya untuk
dimengerti maknanya.
2.
MEKANISME BELAJAR
A.
MEMILIKI TUJUAN
DAN KITA MENYADARINYA
Tujuan adalah salah satu hal yang mendasari
seseorang untuk melakukan sesuatu
B.
ADANYA
PENERIMAAN INFORMASI
Informasi sangat penting bagi anak yang sedang
belajar,di tahap pemberian informasi ini anak akan di ajari dalam bentuk
teori,pada tahap ini juga anak diberikan informasi berupa cara-cara atau
melangkah menuju ssuatu
C.
TERJADINYA
PROSES INTERNALISASI
Disini anak akan dinyatakan paham atau
tidaknya dari informasi yang diberikan
D.
PERUBAHAN
BERSIFAT RELATIF PERMANEN
Setelah anak itu paham atau mleati proses
internalisasi anak akan menyimpan dan mengingat pmbelajaran itu secara prmanen
atau pembelajaran yang tak akan ia lupakan
METODE
PEMBELAJARAN
• Metode ceramah. adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada
sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah
yang relatif besar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui ceramah,
dapat dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, guru dapat mendorong
timbulnya inspirasi bagi pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.
•
Metode diskusi adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling
mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan
diantara mereka. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi merupakan
pembelajaran yang bersifat interaktif.
• Metode
demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk menolong siswa
mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti: Bagaimana cara mengaturnya?
Bagaimana proses bekerjanya? Bagaimana proses mengerjakannya. Demonstrasi
sebagai metode pembelajaran adalah bilamana seorang guru atau seorang
demonstrator (orang luar yang sengaja diminta) atau seorang siswa
memperlihatkan kepada seluruh kelas sesuatau proses.
• Metode
resitas adalah suatu metode
pengajaran dengan mengharuskan siswa membuat resume dengan kalimat sendiri.
• Metode study
tour Metode study tour Study tour (karya wisata) adalah metode mengajar
dengan mengajak peserta didik mengunjungi suatu objek guna memperluas
pengetahuan dan selanjutnya peserta didik membuat laporan dan mendiskusikan
serta membukukan hasil kunjungan tersebut dengan didampingi oleh pendidik.
3.
APLIKASI DALAM PENELITIAN BARU
Metode pembelajaran bagi anak yang
menarik,yaitu gadget.
Misal contoh masalah : seorang anak yang tidak
menyukai matematika.
Cara pemecahan masalahnya,seorang anak yang tidak
tertarik sma sekali dengan pelajaran matematika tidak akan sedikitpun belajar
matmatika,nah disini di zaman sekarang ini telah ada suatu benda yang sangat
canggih yaitu gadget,dan dampak baiknya, anak sangat tertarik dengan suatu
permainan yang terdapat dalam gadget itu.Di dalam gadget itu terdapat permainan
berhitung yang sangat disukai anak-anak,memang secara nyata anak tidak belajar
matematika,namun saat anak memainkan permainan itu secara tidak sadar mereka
telah belajar matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar